Kamis, 10 Januari 2013

Hubungan Antara Blogwalking, Blog Dofollow Dan Nofollow, Backlink, Serta Pagerank Pada Sebuah Blog

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Ketika kita mulai dan atau telah menekuni kegiatan blogging, maka kita tidak dapat terlepas dari istilah blogwalking, blog dofollow, blog nofollow, dan juga backlink. Hal ini disebabkan karena keempat faktor ini mempunyai peranan yang sangat besar terhadap traffic, pagerank, dan juga posisi blog yang kita kelola dalam SERP (Search Engine Result Page). Oleh sebab itulah setelah kita membuat dan memiliki sebuah blog baru, sangat dianjurkan untuk melakukan blogwalking pada blog dofollow maupun blog nofollow untuk mendapatkan backlink. Oke, sebelum kita bahas lebih jauh tentang hal tersebut, sekarang kita bahas dulu pengertian dari masing-masing istilah tersebut.


Blogwalking

Blogwalking dapat diartikan sebagai kegiatan berkunjung dari sebuah blog ke blog lain yang dilakukan oleh seorang blogger. Blogwalking atau kegiatan mengunjungi blog lain sangat disarankan dan perlu dilakukan oleh pengelola sebuah blog, terutama untuk blog baru atau blog yang terhitung berumur masih muda. Selain dapat dijadikan sebagai sarana untuk berkenalan dan menjalin silaturahim antar sesama blogger, blogwalking juga dapat dimanfaatkan untuk memperkenalkan blog yang kita kelola sekaligus mendapatkan backlink dengan menuliskan komentar di setiap blog yang dikunjungi.


Backlink

Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, maka istilah backlink dapat pula disebut sebagai taut balik. Dimana taut balik sendiri dapat diartikan sebagai tautan pada situs atau blog lain yang mengarah ke blog yang kita kelola. Sebagai contoh misalnya begini, sebuah artikel yang saya terbitkan dikutip atau diterbitkan ulang oleh blogger lain dan kemudian dalam artikel tersebut dicantumkan tautan (dalam bentuk live link atau tautan yang dapat dibuka dengan cara mengekliknya langsung) yang dimaksudkan sebagai sumber atas artikel yang dikutip atau diterbitkan ulang tersebut, maka tautan yang seperti ini dapat dikatakan sebagai sebuah backlink.

Namun demikian bentuk backlink tidak hanya seperti yang terdapat dalam contoh di atas. Backlink dapat pula terbentuk dalam tautan yang disertakan ketika menuliskan komentar di blog lain, dapat pula terwujud dari tautan yang dikirim ke situs jejaring sosial, tautan yang dicantumkan dalam profil situs jejaring sosial, dan atau dapat pula terbentuk dari kegiatan bertukar link antar sesama blogger.

Untuk blog baru atau yang terhitung memiliki umur masih cukup muda, pada umumnya blogger lebih menyarankan agar seorang pengelola blog melakukan blogwalking dan menanamkan backlink pada blog yang termasuk dalam kategori dofollow dengan pagerank tinggi dibandingkan dengan blog yang termasuk dalam kategori nofollow. Hal ini memang sangat beralasan, karena secara  prinsip tujuan yang sebenarnya adalah untuk mempercepat proses indeks yang dilakukan oleh search engine terhadap blog yang dimaksud.


Blog Dofollow dan Nofollow

Dofollow dan nofollow merupakan istilah yang dipakai oleh search engine sebagai tag yang dimanfaatkan untuk membedakan apakah setiap tautan yang terdapat dalam sebuah situs atau blog boleh diikuti atau tidak, oleh robot search engine atau mesin telusur ketika sedang melakukan proses pengindeksan pada situs atau blog tertetu. Jika situs atau blog yang sedang diindeks termasuk dalam kategori dofollow, maka setiap tautan yang terdapat di dalamnya akan diikuti  oleh robot mesin telusur, sehingga setiap bagian yang tertaut dengan situs tersebut juga akan ikut terindeks. Sedangkan nofollow berarti sebaliknya. Jika situs atau blog yang sedang diindeks termasuk dalam kategori nofollow, maka robot mesin telusur hanya akan mengindeks setiap bagian dari situs atau blog yang dimaksud tanpa mengikuti setiap tautan yang ada di dalamnya, sehingga akhirnya bagian lain yang tertaut dengan situs atau blog tersebut tidak akan ikut diindeks.

Itulah sebabnya seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya bahwasanya blogger lebih menyarankan agar kita melakukan blogwalking dan menanamkan backlink pada blog yang termasuk dalam kategori dofollow dengan pagerank tinggi, apabila blog yang kita kelola termasuk dalam kategori blog baru atau blog yang terhitung masih berumur cukup muda. Kenapa demikian? Karena situs atau blog yang memiliki pagerank tinggi dapat diartikan sebagai sebuah situs yang telah dianggap penting dan lebih memberikan manfaat oleh mesin telusur. Sehingga dapat diartikan pula bahwa situs dengan pagerank tinggi, dan juga dengan traffic yang tinggi, lebih disukai oleh mesin telusur bila dibandingkan dengan blog baru yang memiliki umur cukup muda.

Hal tersebut telah saya buktikan dengan mencermati proses pengindeksan yang dilakukan oleh robot mesin telusur pada beberapa blog yang saya kelola. Jadi begini, setelah mencoba menerbitkan sebuah artikel baru pada salah satu blog saya yang telah memiliki backlink dengan jumlah ratusan dan kemudian langsung melakukan pengecekan pada mesin telusur, ternyata artikel yang baru saja saya terbitkan tersebut telah terindeks oleh search engine. Berbeda halnya setelah saya menerbitkan artikel pada salah satu blog saya yang belum memiliki backlink sama sekali dan kemudian langsung melakukan pengecekan pada mesin telusur, ternyata artikel tersebut belum juga terindeks dan baru terindeks oleh search engine setelah beberapa hari kemudian. Hal yang seperti ini bisa jadi juga pernah Anda alami, sehingga mungkin saja saat itu Anda akan bertanya dalam hati, “Kenapa blog saya belum juga terindeks atau ditampilkan oleh mesin telusur dalam SERP (Search Engine Result Page)? Jawabannya adalah seperti yang telah saya uraikan di atas.

Dan kemudian diantara situs atau blog yang termasuk dalam kategori dofollow dan nofollow, mana yang sebaiknya kita jadikan sebagai backlink? Menurut saya diantara keduanya tidak ada bedanya, karena dampaknya hanya terletak pada proses pengindeksan yang dilakukan oleh robot mesin telusur. Namun akan sangat berbeda jika yang dimaksud adalah antara situs yang telah memiliki pagerank tinggi dengan situs atau blog yang masih memiliki pagerank rendah lebih baik yang mana? Jika yang dimaksud ada kaitannya dengan pagerank, maka menurut saya akan lebih baik bila backlink untuk blog yang kita kelola terletak pada situs atau blog yang telah memiliki pagerank tinggi (tanpa memperhatikan apakah situs yang dimaksud termasuk dalam kategori dofollow atau nofollow), karena situs atau blog dengan pagerank tinggi sedikit banyak akan berpengaruh sangat signifikan terhadap peringkat blog yang kita kelola di mata mesin telusur.


Pagerank

Pagerank dapat diartikan sebagai sebuah peringkat yang diberikan oleh mesin telusur yang berfungsi untuk menentukan situs web atau blog mana yang lebih populer atau dianggap lebih penting. Dimana pagerank akan didapat secara otomatis berdasarkan sebuah algoritma tertentu yang telah dipatenkan oleh mesin telusur Google. Salah satu faktor yang sangat menentukan dalam perolehan pagerank sebuah situs atau blog adalah jumlah backlink untuk situs atau blog yang dimaksud. Semakin banyak jumlah backlink yang dimiliki oleh sebuah situs atau blog, maka situs atau blog tersebut akan dianggap semakin populer dan akhirnya diasumsikan bahwa konten yang terdapat pada situs atau blog yang dimaksud lebih penting dan berguna dibandingkan dengan konten yang terdapat pada situs lain.


Nah, akhirnya berdasarkan uraian di atas, maka kita dapat mengambil sebuah kesimpulan bahwa antara blogwalking, blog dofollow dan nofollow, backlink, serta pagerank merupakan beberapa faktor yang sangat berpengaruh terhadap blog yang kita kelola. Sehingga bila kita menginginkan agar blog yang kita kelola dapat dianggap sebagai sebuah blog yang dianggap penting dan berguna oleh search engine atau mesin telusur, maka kita harus memperhatikan beberapa faktor tersebut dan memanfaatkannya secara bijak dalam melakukan pengelolaan blog, dengan tidak mengesampingkan mutu dan atau kualitas konten dalam setiap artikel yang kita terbitkan. Karena tentunya konten dalam setiap artikel yang kita terbitkan juga harus benar-benar berguna dan bermanfaat, tidak hanya di mata search engine namun juga berguna dan bermanfaat bagi setiap pengunjung yang membaca artikel kita.
Semoga berguna dan bermanfaat.
sumber : http://ilmudi.blogspot.com/2012/04/hubungan-antara-blogwalking-blog.html

0 komentar:

Posting Komentar